12 Cara Pencarian di Google Search agar Lebih Akurat Halaman all


KOMPAS.com – Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google Look for namun tidak menemukan apa yang dicari? Hal ini mungkin dapat dialami sebagian banyak pengguna.

Meskipun Google Research merupakan research motor (mesin pencari) yang andal, namun adakalanya mesin pencari ini tidak dapat menemukan key phrase atau frasa sesuai yang dibutuhkan pengguna.

Namun tenang saja, terdapat beberapa strategies melakukan pencarian di Google Search agar lebih akurat. Cara ini dapat membantu Anda menemukan konten yang lebih spesifik saat “Googling“.

Baca juga: Lokasi Tidak Muncul di Google Maps? Begini Cara Mencarinya

Lantas apa sajakah itu? Simak rangkuman KompasTekno tentang beberapa tips pencarian di Google Look for agar hasil lebih akurat.

Gunakan tanda bintang (*) jika lupa kata tertentu saat “Googling”

Gunakan tanda bintang (asterisk) pada pencarian Google untuk menemukan frasa atau kata yang terlupakan. Google akan menanggapi tanda bintang sebagai kata yang harus diisi dengan hasil yang relevan.

Misalnya saja Anda ingin menemukan narasi lengkap dari frasa “Cara Menonaktifkan WhatsApp” namun Anda lupa dengan kata “WhatsApp”. Anda bisa menulisnya di kolom pencarian dengan “Cara menonaktifkan *” (tanpa tanda petik).

Baca juga: 10 Fakta Seputar Google Research yang Wajib Diketahui

Menggunakan kata “Website:” untuk menemukan situs yang tepat di Google Lookup

Anda dapat menambahkan kata “Site:” untuk menelusuri sebuah kata sebuah situs net. Penggunaan kata tersebut membantu Anda untuk mencari kata atau frasa dalam situs world wide web lebih akurat.

Contoh Anda ingin mencari informasi mengenai “Metaverse” di Kompas.com. Maka Anda dapat mengetikkan di kolom pencarian dengan “Site:Kompas.com Metaverse”

Cantumkan “connected:” untuk menemukan situs serupa di Google Research

Jika Anda ingin mencari situs yang juga mengulas mengenai topik yang sama, Anda dapat mengetikkan “Related: nama situs”.

Google akan menampilkan beberapa situs yang mirip dengan apa yang Anda tulis di pencariannya. Contoh “Related:Kompas.com”.

Baca juga: 9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

Menggunakan tanda kutip (”  “) untuk hasil spesifik di Google Lookup

Anda dapat menelusuri frasa yang tepat menggunakan kutipan apabila ingin mencari kata atau frasa yang spesifik.

Misalnya saja Anda ingin menelusuri “Kompascom” maka Google akan menampilkan hasil pencarian secara spesifik mengenai Kompas.com. 

Kecualikan kata kunci tertentu menggunakan tanda pisah (-)

Agar mendapatkan hasil pencarian yang akurat, Anda dapat menggunakan tanda pisah (-) untuk menghindari penggunaan kata tersebut. Misal saja Anda ingin menelusuri informasi terkait media sosial KompasTekno.

Namun Anda tidak membutuhkan informasi akun Fb KompasTekno. Maka Anda dapat mengetikkannya seperti “Kompastekno -facebook” Google akan menampilkan informasi lebih spesifik kecuali Facebook dari Kompastekno.

Baca juga: Hasil Pencarian Google Lookup Tampilkan Lebih Banyak Foto

Temukan tautan ke situs world wide web tertentu dengan “link: yourwebsitehere.com”

Anda juga bisa menggunakan cara satu ini yaitu menggunakan parameter backlink. Parameter ini berguna apabila Anda mencari situs yang ditautkan pada sebuah situs.

Contoh saja “hyperlink:instagram.com/kompas.com”. Di halaman hasil pencarian nanti akan muncul beberapa url Instagram Kompascom yang dikaitkan dengan situs lain.

Cara mencari gambar yang mirip di Google Research

Anda dapat melakukannya dengan menempelkan URL gambar yang ingin dicari lalu buka backlink images.google.com, klik ikon kamera, kemudian unggah gambar atau tempel URL gambar.

Melalui cara ini, Google dapat menampilkan referensi gambar atau gambar yang serupa dalam ukuran yang berbeda atau menunjukkan sumber gambar.

Baca juga: Google Research Desktop Punya Manner Gelap, Begini Cara Mengaktifkannya

Menggunakan kata “atau”/ “OR” jika ragu dengan frasa

Saat Anda mencoba mengingat sebuah topik namun ragu dan butuh kepastian apakah itu benar atau tidak. Anda dapat menggunakan kata “atau” untuk menelusuri pencariannya. Misal saja topik mengenai peran salah satu aktris. 

Contoh Anda tidak mengingat pemeran suatu tokoh. Anda hanya ingat nama Jennifer dalam satu film itu. Maka Anda dapat menulis dalam kolom pencarian Google dengan menuliskan “Jennifer Aniston OR Lawrence”.

Cara menelusuri jangka waktu menggunakan tanda elipsis/titik tiga “…”

Misal saja Anda ingin menelusuri sejarah Majapahit di beberapa tahun sekaligus, Anda bisa mengetikkannya dalam kolom pencarian dengan “Sejarah Majapahit 1200…1500”

Tampilan mesin pencari Google akan memunculkan kejadian-kejadian yang tercatat pada kurun waktu tersebut.

Baca juga: Ketik Ingenuity di Google Look for, Helikopter Penjelajah Mars Akan Terbang di Layar

Telusuri kata-kata tertentu di dalam judul atau URL menggunakan “intitle:” dan “inurl:”

Anda dapat mencari kata kata tertentu menggunakan parameter Intitle atau inurl. Misalnya saja Anda ingin mencari kata KompasTekno, Anda dapat mencari “inurl:Kompastekno”.

Jika ingin mencari artikel yang sama persis, Anda dapat mengetikkan “intitle:KompasTekno”

Gunakan “Determine” untuk cari arti istilah

Anda dapat menggunakan parameter “Define” untuk mempelajari arti atau istilah-istilah kekinian yang tidak Anda pahami.

Misalnya saja Anda ingin mencari tahu makna “Bestie”. Anda dapat mengetikkan “Define:Bestie” pada kolom pencarian.

Nantinya Google akan memunculkan kolom yang menjelaskan makna dan cara baca istilah tersebut.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Google Lookup

Menggunakan bar “Search Tools”

Cara terakhir agar pencarian yang Anda lakukan lebih akurat, dapat menggunakan filter hasil penelusuran “Search Tools”. Caranya klik tombol “Alat” atau “Tools” di bagian bawah kolom pencarian di sisi kanan.

Selanjutnya akan tersedia berbagai filter yang tersedia seperti filter berdasarkan waktu, ukuran gambar, atau bahasa yang digunakan. Cara ini berguna agar dapat mempersempit pencarian sehingga Anda akan mendapatkan hasil pencarian lebih spesifik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com Information Update”, caranya klik url https://t.me/kompascomupdate, kemudian be part of. Anda harus put in aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source url

Next Post

U.S. State Department issues travel advisory for Shanghai amid COVID-19 surge

Fri Apr 15 , 2022
A male putting on protective gear guards in front of the compound underneath quarantine amid the lockdown in Puxi aspect of the city in Shanghai, China, on March 31. The United States’ Department of State has questioned non-crisis federal government personnel and their people to go away the Chinese metropolis […]